Monday, October 31, 2011

Clown


Siapa yang pernah denger kerajinan tangan yang dibuat dari kain flannel?
Pasti rata-rata udah denger semua kan tentang itu?! :D
Yak! Kain flannel memang sangat cocok dibuat untuk beberapa kerajinan. Terlebih sama warna-warna kain flannel yang mencolok dan membuat banyak orang tertarik untuk memanfaatkannya. Biasanya, mereka memanfaatkan kain flannel untuk kerajinan boneka mini (seperti gambar di atas), gantungan kunci, kalung, gelang, bahkan ada yang sampai membuat gambar dari kain flannel.

Menarik, bukan? :D
FYI, ketika masih kelas XI kemarin, aku juga sempet bikin lukisan dari kain flannel loh!
Ceritanya gini.. kan di sekolah lagi ada seleksi siswa teladan yang diadain sama Dinas Pendidikan Kota Pasuruan. Pastinya pesertanya dari seluruh SMA negeri dan swasta yang ada di Kota Pasuruan. Kebetulan aku dipilih buat mewakili SMA Negeri 3 Pasuruan tercinta buat ikut dalam acara itu. Awalnya aku pesimis banget buat ikut, boro-boro teladan, yang ada aku ini ya siswa telatan! :(
Tapi karena dukungan dari guru-guru, orang tua dan temen-temen, aku pun jadi sedikit percaya diri buat ikut. Pas Lomba Siswa Teladan tingkat SMP/SMA Kota Pasuruan tahun 2010 dimulai, setiap siswa harus melewati tahap awal terlebih dahulu, yaitu sesi wawancara. Wawancara kepribadian, kepemimpinan, dan bahasa Inggris.
Selanjutnya, adu bakat. Jadi, semuanya harus menunjukkan bakat masing-masing yang akan ditampilkan semaksimal mungkin. Ada yang nyanyi, main musik, baca puisi, menari tradisional ataupun modern, dan lain-lain. Kalau aku lain dari yang lain dong! Waktu itu aku jadi pembawa berita. Dan Alhamdulillah aku bisa lewatin dengan baik dan memuaskan.
Yang paling terakhir ini, acaranya adu kreativitas. Berbagai macam hasil kerajinan tangan dilakukan sama peserta siswa teladan. Ada yang memakai seni ukir, seni batik, seni lukis, seni merangkai bunga, dan buanyaaaak lagi. Patut diacungin jempol deh kreativitas mereka. Naaah, seperti yang aku bilang di atas, aku pakai seni gambar dari kain flannel. Lagi lagi aku beda! Hehe. Tapi sedihnya, ketika semua udah nyelesein kerajinan tangannya, aku sendiri yang belum selesai. Soalnya rada ribet gitu bikin gambarnya, tapi aku berusaha sabar dan telaten biar hasilnya gak buruk.
“Hoyeee, selesai!”

Dari sesi wawancara, adu bakat, sampai adu kreativitas udah aku lewatin dengan kemampuan yang aku punya. Dan di ujung acara, akan diperingkatkan hasil siswa teladan se Kota Pasuruan sesuai talenta-talenta dan kepribadian yang dimiliki masing-masing peserta. Seisi aula saling dag dig dug menyaksikan hasil peringkat siswa teladan yang dipasang di layar proyektor. Dalam hati aku berdoa agar hasilnya tidak sampai mengecewakan guru-guru, orang tua dan temen-temen yang ndukung aku. Daaaaan… ternyata Fastabiqul Khoirot dendrobium dari SMA Negeri 3 Pasuruan mendapat peringkat ke 7 dari sekian buanyaknya peserta dan sekian hebatnya talenta peserta.
Alhamdulillah Ya Alloh, aku terus mengucapkan kalimat pujian pada Sang Illahi. Meskipun aku bukan termasuk 3 besar atau 5 besar, tapi seenggaknya 10 besar itu aku udah bersyukur banget. Soalnya dari awal mengikuti lomba siswa teladan, instingku bilang aku bakal dapet peringkat 20-an gitu. Haha

Thanks a lot to Allah :D

Eh eh, kepanjangan ya ceritaku tadi? Hihi maaf ya, terlalu seru sih buat berbagi cerita sama kamunya :p
Padahal tadinya aku mau cerita tentang hasil karyaku bikin boneka flannel, eh malah nyambungnya ke lomba siswa teladan. Tapi gak apa kan yaa? *sorry sorry deh kalo bikin sebel ;)




Hey, lihat!

Ini gambar proses pembuatan boneka flannel.
Hehe, ketauan deh kalo aku nyontek bikinnya. Waa maklum dong, kan aku newbie banget bikin boneka, ini aja pertama kali aku bikin boneka. Aku bingung mau minta ajarin siapa buat bikin boneka, yaudah mending pake buku panduan bikin boneka flannel aja, apalagi kan juga seru gitu, iseng-iseng bikin boneka sendirian cuma diajarin sama buku. Dijamin, ntar pasti seneng banget kalo bonekanya udah jadi.
Semangat bikin boneka flannel! :D


Naah, ini badan, kepala, sama aksesoris bonekanya.
Oh iya, sebelumnya Fasta minta maaf ya? Soalnya sengaja gak kasih tutorialnya bikin boneka dari flannel. Janji deh, lain kali kalo aku udah dikit mahir bikin bonekanya, pasti aku tunjukkin tutorialnya :)


HATI-HATI LEM GANAS!


Aku bilang ganas soalnya lem yang ini udah berkali-kali bikin jariku terluka pas lagi asik-asiknya bikin boneka. Gimana enggak, masa jari telunjukku sampe lengket banget sama ibu jariku. Apalagi lem-nya kerasa panas banget di kulit. Tapi untungnya tanganku buru-buru aku masukkin ke air dingin, yaa biar rasa panas di jariku bisa dikit ilang, en lemnya bisa ilang kena air.
Sebenernya lem buat bikin boneka flannel bukan yang ini, tapi berhubung di rumah cuma ada lem ini, terpaksa deh buat pakai lem ini. Gak apalah, sejahat-jahatnya lem ini, aku tetep gak mau menyerah sampe bonekanya jadi. Apapun halangan dan rintangannya, boneka flannel perdana-ku harus jadi! Harus! Wahahaha


Berhasil!

Inilah hasil boneka flannel perdana-ku :D
Kenapa? Beda banget ya sama gambar yang paling atas?
Padahal kan aku ngerpek bentuk boneka yang itu?
Mulai dari ujung kepala sampe ujung kakinya beda ya? :(

Oke oke gak apa. Gimana pun ini tetep hasil keringatku sendiri :) *ceilee keringat
Gimana pun hasil bonekanya aku harus senyum! Liat tuh, si boneka juga senyum ke aku.

Eh bola matanya si boneka kok satunya ke atas terus satunya lagi ke bawah sih?

Padahal aku sendiri yang mbikin, tapi kok banyak nanya ya? Hoho lupakan

Yaudah, karena bola matanya si boneka ada yang ke atas ada yang ke bawah gitu, mirip sama orang dodol. Aku namain deh boneka ini si Dodol! :D
Yee.. jangan marah dong bonekaku sayang, kan nama Dodol kan unyu-unyu gituuu

“Selamat datang di dunia, si Dodol!"

No comments:

Post a Comment

 

fastadendron | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates